Selasa, 09 September 2014

AMV (Anime Music Video)

Halo sahabat Blogger, sudah lama tidak update. Hehe
Pasti pada kangen ya ? /runs

Kali ini saya akan membuat postingan yang berkaitan dengan anime atau jejepangan.
Oke, jadi sebenarnya saya ingin share video AMV buatan saya. Pada tau AMV kan ? Yahh, masa gatau. Yaudah deh, saya jelaskan dulu ya. Apa sih itu AMV



A : Anime
M : Music
V : Video

Tepat sekali, AMV merupakan singkatan Anime Music Video. AMV didefinisikan sebagai sekumpulan scene-scene dari anime yang dipadukan sedemikian rupa sekaligus di mix dengan music yang melatarinya dan ditambah berbagai efek yang menciptakan daya tarik sendiri. Bingung ya ? Inti nya itu Video Klip nya lagu, tapi video nya Anime
Gimana ? Sudah paham kan ?. Berikut contohnya dari buatan saya sendiri
*Please pause the soundcloud widget first before you play the video 




Anime : Oreshura
Song : Backstreet Boys - Shape of My Heart



Nah, itulah yang disebut AMV. Jelek ya ? maklum masih pertama kali buat, apalagi buat nya pakai VideoSpirit Pro, jadi ada beberapa kelemahan waktu transisi. "VideoSpirit Pro kok ada efek flash sama border ??"
Hmm, jadi setelah AMV ini selesai dibuat di VideoSpirit Pro. Saya baru mengenal yang namanya Sony Vegas . Akhirnya saya edit lagi disitu meski gak sebagus yang diharapkan

"Gan, ngomongin apaan sih ? vegas, videospirit, apaan tuh ?"

Oya, lupa ane jelasin. Itu adalah beberapa software yang bisa digunakan untuk editing atau membuat AMV.

Berikut beberapa list dari software-software yang biasa digunakan oleh orang-orang dalam editing AMV serta kelebihan dan kekurangan nya :


WindowsMovieMaker(WMV)/iMovie
(+) Cukup mudah digunakan untuk pemula
(-) Transisi dan efek terbatas

SonyVegas(SV)/FinalCutPro(FCP)
(+) Pilihan transisi dan efek cukup luas, ditambah pula dengan ketersediaan plugin tambahan
(-) Projek dengan efek dan transisi yg berlebih dapat crash sewaktu2 dalam proses editing

AfterEffect(AE)
(+) Option animasi yg sangat luas (dari pembentukan path, penambahan twitch, hingga penggunaan kamera yg luwes)
(-) Sync audio dan video lebih sulit dibanding dengan SV/FCP dan kemungkinan crash tetap ada

Dan lain-lain

Bagi pemula, ada baiknya mengedit AMV dengan WMM/iMovie. SV/FCP merupakan program terpopuler dalam editing AMV karena dengan ide yg tepat, transisi dan efek yg digunakan dapat menampilkan sesuatu yg baru dengan tingkat kesulitan lebih rendah dibanding AfterEffect. Untuk penggunaan terfokus pada animasi, pilihan jatuh kepada AfterEffect. Para AMV maker di youtube biasa menggunakan SV, AE hanya untuk penambahan effect atau animasi yang keren.

Saya share AMV lagi deh, namun yang ini bukan buatan saya. Ini adalah AMV hasil buatan orang yang sudah mahir memainkan SV atau AE.




Anime : Hyouka
Song : Diana Vickers - The Boy Who Murdered Love


Wah, gimana ? keren kan ?? Haha. Kapan ya saya juga bisa bikin AMV kayak gitu.
Sekian dulu ya postingan untuk kali ini, Thanks for reading ^^

Source :

5 komentar:

  1. Itu software sonyvegas versi full nya beli ga? Kan kadang kalo software kayak gitu harus beli ._.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mas cara nya bikin efek yang ada di video AMV (NARUTO SASUKE) RIVAL yang ada di youtube

    BalasHapus
  4. Tolong bantuannya gan

    BalasHapus